Perancangan Media Pembelajaran Aksara Lampung Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN 1 Harapan Jaya Sukarame & SD Karunia Imannuel Bandar LampungAchmad Zaini / Candra Prayogi, S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Aksara Lampung merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan. Upaya pelestarian ini dapat dilakukan melalui pendidikan pada siswa sekolah dasar. Namun, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah media pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meran... |
Perbandingan Performa Dalam Pengenalan Tulisan Aksara Lampung Melalui Optical Character Recognition (OCR) dengan Algoritma Support Vector Machine (SVM) Menggunakan Ekstraksi Fitur Histogram of Oriented Gradients dan Gray-Level Run Length MatrixALFA KHOIRIN / Tirta Setiawan S.Pd., M.Si. / Student Dissertations, 2024Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengenalan karakter Aksara Lampung menggunakan Optical Character Recognition (OCR) dengan memanfaatkan algoritma Support Vector Machine (SVM). Metode ini menggunakan dua pendekatan ekstraksi fitur, yaitu Histogram of Oriented Gradients (HOG) dan Gr... |