Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Terhadap Penggunaan Transportasi Publik Formal dan Informal di Kota Bandar Lampung
Masalah transportasi seperti kemacetan lalu lintas jalan terjadi di Kota Bandar Lampung yang merupakan pusat kegiatan pemerintahan maupun aktifvitas jasa dan perdagangan di Provinsi Lampung. Masalah transportasi perkotaan dimulai dengan meningkatnya urbanisasi, populasi dan pembangunan industri. Hal tersebut berjalan lurus dengan tingkat kendaraan pribadi yang terus meningkat, ditambah dengan transportasi publik formal seperti bus dalam kota dan angkutan kota (angkot) yang beroperasi dengan tidak optimal, mengurangi minat masyarakat terhadap transportasi publik, sehingga munculah transportasi publik alternatif informal seperti transportasi online dalam memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat. fenomena inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengetahui karakteristik sosial ekonomi pengguna dan pola perjalanan transportasi formal dan informal di Kota Bandar Lampung, kemudian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari kedua hal tersebut. Penelitian ini dikembangkan dengan pendekatan deduktif kuantitatif dengan strategi penelitian studi kasus serta menggunakan metode teknik analisis korelasi rank spearman dan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik sosial ekonomi pengguna dengan pola perjalanan transportasi publik formal dan informal memiliki hubungan (korelasi), untuk angkutan kota (angkot) antara lain maksud perjalanan pengguna memiliki hubungan dengan tingkat usia, tingkat pendidikan dan jumlah pendapatan, jarak perjalanan pengguna memiliki hubungan dengan tingkat pendidikan, frekuensi perjalanan pengguna memiliki hubungan dengan jumlah pendapatan, waktu tunggu pengguna memiliki hubungan dengan tingkat usia. Untuk transportasi online antara lain maksud perjalanan pengguna memiliki hubungan dengan tingkat usia, tingkat pendidikan dan jumlah pendapatan, jarak perjalanan pengguna memiliki hubungan dengan tingkat pendidikan, waktu tunggu pengguna memiliki hubungan dengan tingkat usia dan jumlah pendapatan.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2409120005
Keyword
Sosial Ekonomi Pola Perjalanan Transportasi Publik Formal dan Informal