(0721) 8030188    [email protected]   

Karakteristik Pola Perjalanan Civitas Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung


Transportasi berkelanjutan menghasilkan pola pergerakan berkelanjutan yang dilakukan oleh pelaku perjalanan. salah satu pelaku perjalanan yang menghasilkan pola perjalanan adalah civitas kampus dengan kegiatan atau aktivitas di dalamnya. UIN RIL merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam terkemuka di Lampung dengan jumlah civitas akademik mencapai 32.103 yang dapat meningkat setiap tahunnya sehingga dapat mempengaruhi struktur transportasi kota dan regional karena adanya pergerakan oleh civitas akademik. Salah satunya ruas jalan sekitar UIN RIL yang mengalami kepadatan lalu lintas yaitu Jalan Endro Suratmin dan Jalan Pulau Sebesi. mengacu pada permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan karena perlunya mengetahui data yang menggambarkan karakteristik pola perjalanan civitas sebagai langkah awal untuk kebijakan transportasi berkelanjutan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola perjalanan civitas UIN RIL. Fokus penelitian ini adalah karakteristik pola perjalanan yang terdapat dua kelompok yaitu kelompok staf terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan tenaga operasional serta kelompok mahasiswa dalam seminggu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, trip rate kelompok staf pada satu minggu ditemukan bahwa trip rate staf pada hari kerja yaitu 2 kali perjalanan per hari sedangkan kelompok mahasiswa trip rate 2 perjalanan yang membentuk dominasi rangkaian perjalanan berupa simple trip chains pada kedua kelompok. selain itu membentuk jam sibuk yang berbeda dimana pada kelompok staf pada jam 16:00 WIB dengan tujuan perjalanan didominasi bekerja (Work) sedangkan kelompok mahasiswa pada jam 12:00 WIB dengan tujuan perjalanan didominasi edukasi (education). Sedangkan pada hari libur trip rate kelompok staf dan kelompok mahasiswa cenderung menurun, dan kedua kelompok membentuk rangkaian perjalanan simple trip chains dengan membentuk jam sibuk yang berbeda di mana pada kelompok staf pada 16:00 WIB sedangkan kelompok mahasiswa pada jam 19:00 WIB kedua kelompok didominasi tujuan perjalanan yang sama yaitu tempat tinggal (home). kedua kelompok tersebut didominasi menggunakan kendaraan pribadinya yaitu sepeda motor pribadi dalam perjalanan seminggu dengan biaya perjalanan yang dikeluarkan dalam seminggu yaitu 46 ribu - 120 untuk kelompok staf sedangkan kelompok mahasiswa yaitu 24 ribu – 58 ribu. Dengan demikian data karakteristik tersebut dapat dijadikan sebagai bahan masukkan kebijakan transportasi berkelanjutan di sekitar UIN RIL.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2409200093

Keyword
Transportasi Berkelanjutan Pola Pergerakan Civitas Akademika UIN RIL