(0721) 8030188    [email protected]   

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS: SMP NEGERI 35 BANDAR LAMPUNG)


Era digital yang terus berkembang telah menjadikan teknologi informasi (IT) sebagai kunci dalam transformasi berbagai sektor, termasuk pendidikan. SMP Negeri 35 Bandar Lampung sebagai institusi pendidikan memiliki permasalahan dalam penginputan dan akses data akademik terbatas pada localhost yang hanya dapat dioperasikan oleh satu operator, menyulitkan proses penginputan nilai, memperlambat penyampaian informasi nilai, dan tidak adanya transparansi nilai akhir yang didapat oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi akademik berbasis website yang dapat memudahkan proses pencatatan, pengolahan, dan penyajian data pendidikan. Metode Rapid Application Development (RAD) diterapkan untuk mempercepat proses pengembangan dan memastikan sistem sesuai dengan kebutuhan pengguna melalui iterasi dan feedback yang berkelanjutan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan Black Box Testing untuk verifikasi fungsi sistem dan System Usability Scale (SUS) untuk mengevaluasi tingkat kegunaan dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua fungsi sistem berjalan dengan baik tanpa kesalahan, dan sistem memperoleh skor SUS sebesar 89,3 yang masuk dalam kategori "Best Imaginable", menandakan tingkat keandalan dan kemudahan akses yang tinggi bagi pengguna. Sistem informasi akademik yang dikembangkan berhasil mengatasi permasalahan pengelolaan data akademik di sekolah. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah menambahkan fitur integrasi dengan sistem lain seperti perpustakaan dan keuangan sekolah, serta meningkatkan intuitivitas antarmuka pengguna dengan menambahkan tutorial interaktif untuk memudahkan adaptasi pengguna baru.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2412170001

Keyword
Sistem Informasi Akademik Rapid Application Development Black Box Testing System Usability Scale