(0721) 8030188    [email protected]   

BAGAIMANA PERSPEKTIF KONSUMEN MENILAI KINERJA KARYAWAN PADA FRANCHISE INDUSTRI MAKANAN CEPAT SAJI DI WILAYAH BANDARLAMPUNG? (Studi Kasus di McDonald’s)


Kinerja Karyawan bervariasi sebagaimana sifat dan sikap dari individu karyawan. Penilaian kinerja karyawan dilakukan untuk mengetahui kualitas kerja yang dilakukan karyawan. Penilaian kinerja karyawan tidak hanya dapat dilakukan melalui internal, namun dapat dilakukan melalui pihak eksternal yaitu konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi penilaian kinerja karyawan melalui konsumen berdasarkan kriteria kebersihan, kerapian, keandalan, komunikasi, dan knowledge. Franchise McDonald's di wilayah Bandarlampung menjadi objek dalam penelitian dan 202 konsumen McDonald's sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan platform google form. Pengujian serta pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS) dan software SmartPLS 3 sebagai instrumen. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsumen menilai kinerja karyawan McDonald's ada dalam kondisi baik berdasarkan kebersihan, kerapian, keandalan, komunikasi, dan knowledge. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa kebersihan, kerapian, keandalan, komunikasi, dan knowledge mampu untuk menjadi parameter untuk menilai kinerja karyawan.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2501170011

Keyword
Kinerja Karyawan Konsumen Kebersihan Keandalan Knowledge