(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Learning Center di Pusat Kota dengan Pendekatan Lingkungan Belajar yang Holistik


ABSTRAK Learning Center merupakan sebuah bangunan yang ditujukan untuk dapat mengembangkan perkembangan pendidikan dalam berbagai aspek melalui anak- anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah Learning Center yang mengintegrasikan pendekatan pembelajaran holistik sebagai landasan utama. Proses perancangan melibatkan analisis kebutuhan peserta didik, prinsip-prinsip desain ramah lingkungan, serta teknologi pendukung untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan adaptif. Dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, pendekatan holistik semakin menjadi perhatian sebagai strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan seluruh aspek individu, termasuk aspek intelektual, emosional, fisik, dan sosial. Learning Center ini dirancang untuk menjadi tempat yang mendukung berbagai metode pembelajaran, mulai dari kegiatan berbasis pengalaman, kolaborasi kelompok, hingga eksplorasi individu. Elemen desain meliputi ruang-ruang multifungsi, area terbuka yang mendukung interaksi sosial dan refleksi pribadi, serta fasilitas teknologi yang mendukung aksesibilitas dan inovasi. Hasil dari perancangan ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, tetapi juga memperkuat kesejahteraan emosional dan sosial peserta didik. Pendekatan holistik dalam Learning Center ini diyakini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan peserta didik yang berkarakter, kreatif, dan siap menghadapi tantangan global.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2501240016

Keyword
Pendidikan Learning Center Perancangan Holistik Keterkaitan