(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Sekolah Kejuruan Untuk Disabilitas di Kota Bandar Lampung Dengan Pendekatan Supportive Environment


Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas yang akan dirancang ini merupakan alternatif pendidikan setara pendidikan SMA, yang berada di jalan Letjen Alamsyah, Way Halim, Bandar Lampung, yang memiliki luas total 10.000 m2. Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas ini dirancang dengan menimbang berbagai aspek isu yang ada salah satunya yaitu minimnya sarana pendidikan untuk disabilitas di Provinsi Lampung yang berbentuk wadah pengembangan kejuruan serta pelatihan kreatifitas bagi penyandang disabilitas. Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas adalah bentuk sekolah yang membimbing peserta didiknya untuk dapat mengenali potensi dirinya, serta memberikan ilmu ketrampilan dibidang teknologi dengan menyesuai kemampuan dan potensi dari masing masing peserta didik tersebut agar dapat menjadi bekal untuk berkerja di bidang yang dipelajari. Didalam prakteknya nanti, sekolah kejuruan ini menjadi sekolah ramah untuk penyandang disabilitas, diantaranya yaitu; tunanetra, tunarungu, tunawicara, dan tunadaksa, dengan melatih para penyandang disabilitas dengan memaksimalkan potensi diri yang ada. Memberikan pelayanan pendidikan yang merata bagi setiap anak-anak berkebutuhan khusus, guna meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik dan kemandirian di lingkungan masyarakat. Sehingga dalam merancangnya perlu pendekatan yang khusus dalam proses perancanganya. Perancangan Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas ini harus memiliki fasilitas sesuai kebutuhan difabel secara lengkap, serta memberikan kesan ramah terhadap penyandang disabilitas. Untuk mewujutkan tujuan hal tersebut diperlukan desain sekolah yang inclusive dan memiliki kemudahan akses fasilitas yang di sediakan. Maka penerapan pendekatan Supportive Environment dirasa cocok digunakan dalam perancangan sekolah ini.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2501310005

Keyword
Sekolah, Disabilitas, Supportive Environment