Perancangan Sekolah Kejuruan Untuk Disabilitas di Kota Bandar Lampung Dengan Pendekatan Supportive Environment
Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas yang akan dirancang ini merupakan alternatif pendidikan
setara pendidikan SMA, yang berada di jalan Letjen Alamsyah, Way Halim, Bandar Lampung, yang
memiliki luas total 10.000 m2. Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas ini dirancang dengan menimbang
berbagai aspek isu yang ada salah satunya yaitu minimnya sarana pendidikan untuk disabilitas di
Provinsi Lampung yang berbentuk wadah pengembangan kejuruan serta pelatihan kreatifitas bagi
penyandang disabilitas. Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas adalah bentuk sekolah yang membimbing
peserta didiknya untuk dapat mengenali potensi dirinya, serta memberikan ilmu ketrampilan dibidang
teknologi dengan menyesuai kemampuan dan potensi dari masing masing peserta didik tersebut agar
dapat menjadi bekal untuk berkerja di bidang yang dipelajari. Didalam prakteknya nanti, sekolah
kejuruan ini menjadi sekolah ramah untuk penyandang disabilitas, diantaranya yaitu; tunanetra,
tunarungu, tunawicara, dan tunadaksa, dengan melatih para penyandang disabilitas dengan
memaksimalkan potensi diri yang ada. Memberikan pelayanan pendidikan yang merata bagi setiap
anak-anak berkebutuhan khusus, guna meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik dan
kemandirian di lingkungan masyarakat. Sehingga dalam merancangnya perlu pendekatan yang khusus
dalam proses perancanganya. Perancangan Sekolah Kejuruan untuk Disabilitas ini harus memiliki
fasilitas sesuai kebutuhan difabel secara lengkap, serta memberikan kesan ramah terhadap penyandang
disabilitas. Untuk mewujutkan tujuan hal tersebut diperlukan desain sekolah yang inclusive dan
memiliki kemudahan akses fasilitas yang di sediakan. Maka penerapan pendekatan Supportive
Environment dirasa cocok digunakan dalam perancangan sekolah ini.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2501310005
Keyword
Sekolah, Disabilitas, Supportive Environment