Rancang Bangun Aplikasi Digital Marketing Berbasis Website Menggunakan Metode Personal Extreme Programming (PXP) (Studi Kasus: PT. Zoomin Jakarta)
Perkembangan Aplikasi Digital Marketing semakin pesat seiring dengan kemajuan teknologi dan kehadiran internet. Digital Marketing merupakan proses pemasaran suatu produk atau jasa melalui media digital atau internet yang memungkinkan perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas. PT. Zoomin Jakarta akan dipasarkan melalui internet atau digital tanpa tanpa memerlukan interaksi langsung dengan pelanggan. PT. Zoomin Jakarta, yang bergerak dalam industri multimedia, berencana untuk memasarkan layanan mereka secara online, memungkinkan klien untuk mengakses informasi dan memesan layanan perusahaan melalui platform digital tanpa perlu datang secara fisik. Untuk mendukung tujuan tersebut, solusi yang diberikan dengan membagun Aplikasi Digital Marketing Berbasis Website. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Personal Extreme Programming (PXP) dengan beberapa tahapan yaitu kebutuhan, perencanaan, inisialisasi iterasi, desain, implementasi, pengujian sistem, dan retrospektif. Adapun kerangka kerja pembuatan website menggunakan Framework Laravel. Terdapat dua pengujian yang digunakan yaitu Black Box Testing dan User Acceptance Test (UAT). Black Box Testing berfokus pada tampilan serta pengujian fungsional yang terdapat pada perangkat lunak, serta kesesuaian dengan alur fungsi yang diperlukan pengguna dan User Acceptance Testing (UAT) bertujuan untuk memastikan bahwa perangkat lunak memenuhi kebutuhan pelanggan. Pengujian kebutuhan fungsional dilakukan dengan menggunakan black box testing dengan hasil 100% valid. Kemudian, terdapat pengujian UAT memperoleh 21 responden yang mendapatkan hasil yang baik. Berdasarkan UAT pada lima aspek utama, aplikasi ini memperoleh tingkat kepuasaan pengguna rata-rata 81,9%. Berdasarkan skala yang digunakan, persentase tersebut termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil pembuatan website ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memperoleh informasi tentang perusahaan dan secara efektif memudahkan pengguna untuk memesan layanan secara online, dan dapat menjangkau padar yang lebih luas.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2502120048
Keyword
Personal Extreme Programming Website Digital Marketing Black Box Testing User Acceptance Test