Penyusunan Strategi Pemasaran Produk Keripik Pisang di UMKM Suheri Kota Bandar Lampung
UMKM Suheri adalah salah satu usaha yang menjual berbagai produk makanan ringan sejak tahun 2006 di Kota Bandar Lampung. Produk unggulan UMKM Suheri adalah keripik pisang sebagai camilan khas Lampung. Pada tahun 2015 hingga 2024, UMKM Suheri mengalami penurunan produksi dan penjualan keripik pisang. Hal ini terjadi karena belum optimalnya promosi secara online, sedikitnya varian rasa yang ditawarkan dan penggunaan kemasan yang masih sederhana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menyusun strategi pemasaran produk keripik pisang menggunakan analisis (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) SWOT serta untuk menganalisis dan menentukan prioritas strategi pemasaran menggunakan Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM). Berdasarkan hasil penelitian, UMKM Suheri berada pada kuadran 1 yang artinya berfokus pada strategi pertumbuhan intensif dan integrasi. Pada penelitian didapatkan 11 strategi dari matriks SWOT. Hasil analisis QSPM menunjukkan bahwa “melakukan promosi secara online dengan memanfaatkan media sosial yang tersedia” menjadi prioritas strategi pertama dengan nilai TAS 10,999. Prioritas strategi kedua yaitu “menjalin kerja sama antara UMKM Suheri dengan reseller” dengan nilai TAS 10,590. Prioritas strategi ketiga yaitu “menambah tenaga kerja bidang pemasaran untuk memaksimalkan kegiatan promosi dan penjualan online” dengan nilai TAS 10,334.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2502170029
Keyword
Analisis SWOT Marketing Mix Porter's Five Forces Q