Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Custom Cake di Clarion Bread and Cake
Persaingan usaha yang semakin ketat dengan banyaknya pelaku usaha toko roti yang menawarkan produk yang sama mendorong perusahaan untuk lebih kompetitif dalam menarik konsumen. Pelaku usaha harus mampu menjamin kualitas terhadap produk yang dipasarkan serta menekankan keunikan dan keunggulan untuk membedakan produknya dengan produk pesaing agar menarik di mata konsumen. Pelaku usaha harus mampu bersaing dalam segi kualitas dan citra mereknya. Merek yang sudah dikenal serta kualitas produk yang baik memudahkan konsumen mengambil keputusannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian custom cake di Clarion Bread and Cake. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi yang digunakan adalah konsumen Clarion Bread and Cake berjumlah sampel 115 dengan kriteria pernah melakukan pembelian produk custom cake di Clarion Bread and Cake dalam enam bulan terakhir dan berusia minimal 17 tahun. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 26. Hasil uji t (parsial) didapatkan bahwa nilai t hitung yaitu 4,078 dan 7,605 yang lebih besar dari t tabel (1,981). Hasil uji F (simultan) yaitu 252,159 yang lebih besar dari F tabel (3,08). Berdasarkan hasil uji t dan uji F membuktikan bahwa kualitas produk dan citra merek secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2502170062
Keyword
Analisis regresi linier berganda Citra merek Keputusan pembelian Kualitas produk