Perancangan Mobile UI/UX Aplikasi Find Tutor Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Bimbel Jadi Pandai.Id)
Bimbel Jadi Pandai.id merupakan layanan bimbingan belajar yang masih menggunakan sistem operasional secara konvensional, seperti proses pencarian tutor, pelaporan hasil belajar, hingga presensi tutor yang belum terdigitalisasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan desain antarmuka aplikasi mobile Find Tutor sebagai solusi digital yang mendukung layanan operasional di Bimbel Jadi Pandai.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking meliputi lima tahap utama, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses perancangan dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan stakeholder, serta pengembangan desain menggunakan aplikasi Figma. Pengujian antarmuka dilakukan dengan metode System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hasil pengujian, skor SUS yang diperoleh sebesar 83,25, yang termasuk dalam kategori “Excellent” dengan grade A. Temuan ini mengindikasikan bahwa desain aplikasi yang dikembangkan memiliki tingkat kegunaan (usability) yang baik dan layak untuk diimplementasikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Design Thinking efektif dalam merancang solusi digital berbasis mobile pada operasional layanan bimbingan belajar Jadi Pandai.Id.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2506010031
Keyword
Design Thinking Aplikasi Mobile UI/UX Bimbel Jadi Pandai.id System Usability Scale (SUS)