Penerapan Inclusive Education for Empowerment dalam Perancangan Community Learning Center dengan Pendekatan Placemaking
Pendidikan merupakan investasi penting dalam peningkatan kualitas
Sumber Daya Manusia (SDM). Namun, keterbatasan ekonomi
menyebabkan sebagian masyarakat, khususnya kaum marginal, sulit
mengakses pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan sarana pendidikan
alternaitif yang inklusif dan mudah diakses. Proyek ini mengucung
konsep Community Learning Center yang berbasis prinsip pendidikan
inklusif dengan penkedatan placemaking, yang bertujuan menciptakan
ruang belajar yang ramah, partisipatif, dan memberdayakan
masyarakat. CLC dirancang di Desa Muara Putih, Kabupaten
Lampung Selatan, sebagai respon terhadap rendahnya akses
pendidikan di wilayah tersebut.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2506220023
Keyword
pendidikan pemberdayaan ekonomi pendidikan inklusif