Analisis Persebaran Polutan Karbon Monoksida (CO) dari Kendaraan Bermotor di Jalan Pulau Legundi Sukarame Kota Bandar Lampung Menggunakan Model CALINE4
Penelitian ini dilakukan di Jalan Pulau Legundi, Sukarame, untuk menganalisis sebaran karbon monoksida (CO) dari kendaraan bermotor menggunakan model CALINE4 dan mengevaluasi akurasinya terhadap pengukuran lapangan. Data diperoleh melalui pengukuran jumlah kendaraan, konsentrasi CO menggunakan alat Aeroqual Series 500, dan parameter meteorologi selama 3 hari pengamatan pada pagi, siang, dan sore. Hasil menunjukkan volume lalu lintas relatif stabil dengan puncak pada sore hari pukul 16.00–18.00 WIB didominasi sepeda motor lebih dari 75%. Beban emisi CO bervariasi, dengan nilai tertinggi sebesar 86,90 kg/jam pada pagi hari 16 April dan 83,08 kg/jam pada sore 24 April. Simulasi kondisi worstcase menunjukkan konsentrasi maksimum CO mencapai 2.500 μg/m³, dengan distribusi tertinggi di utara dan timur laut ruas jalan akibat pengaruh arah dan kecepatan angin. Meskipun terdapat akumulasi polutan di beberapa lokasi, konsentrasi maksimum masih jauh di bawah baku mutu udara ambien nasional sebesar 10.000 μg/m³ untuk rata-rata satu jam. Validasi model menghasilkan nilai MAPE sebesar 57,4% yang menunjukkan akurasi prediksi tergolong rendah, serta korelasi Pearson 0,37 yang menunjukkan hubungan lemah dengan data lapangan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi dasar pengendalian emisi kendaraan bermotor dan upaya mitigasi risiko pencemaran udara di kawasan perkotaan.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2508050059
Keyword
Karbon monoksida (CO) kendaraan bermotor beban emisi CALINE4 validasi model