Indeks Aksesibilitas Stasiun LRT Velodrome Terhadap Kawasan
Sekitarnya
Aksesibilitas terhadap simpul transportasi publik memiliki peran
strategis dalam menciptakan sistem mobilitas perkotaan yang efisien,
dan berkelanjutan. Penelitian ini penting dilakukan untuk menilai
sejauh mana simpul LRT Jakarta Fase 1A, khususnya Stasiun
Velodrome, mampu melayani masyarakat secara spasial melalui tingkat
keterjangkauan wilayah sekitarnya. Pengukuran indeks aksesibilitas
dilakukan menggunakan pendekatan Gravity Model dengan metode
Passive Accessibility Measure, yang mengevaluasi akses berdasarkan
indikator objektif berupa jarak, waktu tempuh, dan biaya perjalanan.
Pendekatan ini termasuk ke dalam model agregat karena bersifat spasial
dan tidak menggambarkan keputusan individu. Hasil analisis
menunjukkan variasi indeks aksesibilitas antar kawasan, di mana nilai
impedansi yang tinggi berkorelasi dengan rendahnya aksesibilitas.
Penelitian ini memberikan dasar bagi pengambilan kebijakan dalam
penyediaan moda pengumpan, integrasi antarmoda, dan perencanaan
kawasan berbasis transit agar distribusi layanan transportasi publik
lebih merata dan inklusif.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2508080032
Keyword
Aksesibilitas Gravity Model LRT Velodrome Impedansi Transportasi Publik