PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP
LOYALITAS PELANGGAN DAN ELECTRONIC WORD OF
MOUTH PADA KOPI JANJI JIWA SUKARAME
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bauran pemasaran
terhadap loyalitas pelanggan, baik secara langsung maupun tidak
langsung melalui Electronic Word Of Mouth (E-WOM) sebagai
variabel mediasi, serta merumuskan strategi perbaikan berdasarkan
hasil temuan. Data dikumpulkan dari 126 pelanggan Kopi Janji Jiwa
Sukarame melalui kuesioner online menggunakan instrumen Google
Form. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode Partial Least
Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan
perangkat lunak SmartPLS 3.0. yang mencakup evaluasi model
pengukuran dan model struktural. Temuan pada hubungan langsung menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap
loyalitas pelanggan dengan nilai original sample sebesar 0.365 dan P-value sebesar 0.003 dan E-WOM dengan nilai original sample sebesar
0.653 dan P-value sebesar 0.000. Selain itu, E-WOM juga terbukti
secara positif memengaruhi loyalitas pelanggan dengan nilai original
sample sebesar 0.432 dan P-value sebesar 0.000. Pada hubungan tidak
langsung, E-WOM berperan sebagai variabel mediasi yang
memperkuat pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan
dengan nilai original sample sebesar 0.282 dengan P-value sebesar
0.001. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi strategi bauran
pemasaran dalam membangun loyalitas pelanggan jangka panjang.
Sebagai strategi perbaikan, penelitian ini merekomendasikan
pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada beberapa
aspek yang masih memerlukan peningkatan dan perbaikan.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2508100022
Keyword
Bauran Pemasaran Loyalitas Pelanggan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Standar Operasional Prosedur (SOP)