(0721) 8030188    [email protected]   

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA KOPI JANJI JIWA SUKARAME


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Electronic Word Of Mouth (E-WOM) sebagai variabel mediasi, serta merumuskan strategi perbaikan berdasarkan hasil temuan. Data dikumpulkan dari 126 pelanggan Kopi Janji Jiwa Sukarame melalui kuesioner online menggunakan instrumen Google Form. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. yang mencakup evaluasi model pengukuran dan model struktural. Temuan pada hubungan langsung menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai original sample sebesar 0.365 dan P-value sebesar 0.003 dan E-WOM dengan nilai original sample sebesar 0.653 dan P-value sebesar 0.000. Selain itu, E-WOM juga terbukti secara positif memengaruhi loyalitas pelanggan dengan nilai original sample sebesar 0.432 dan P-value sebesar 0.000. Pada hubungan tidak langsung, E-WOM berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai original sample sebesar 0.282 dengan P-value sebesar 0.001. Temuan ini menegaskan pentingnya optimalisasi strategi bauran pemasaran dalam membangun loyalitas pelanggan jangka panjang. Sebagai strategi perbaikan, penelitian ini merekomendasikan pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada beberapa aspek yang masih memerlukan peningkatan dan perbaikan.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2508100022

Keyword
Bauran Pemasaran Loyalitas Pelanggan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Standar Operasional Prosedur (SOP)