ANALISIS KINERJA PELAYANAN OPERASIONAL
PELABUHAN LHOKSEUMAWE, ACEH
Pelabuhan memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan industri dan perdagangan serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional Pelabuhan Lhokseumawe di Provinsi Aceh berdasarkan standar yang ditetapkan dalam Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor UM.002/3818/DJPL-11. Metode analisis yang digunakan mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Laut Nomor HK.103/2/2/DJPL-17 tahun 2024 tentang Pedoman Perhitungan Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai Waiting Time (3.64 jam), Approach time (0.59 jam), Berthing Time (7.23 jam), Effective Time (4.73 jam), serta rasio ET/BT sebesar 65.40%. Tingkat Berth Occupancy Ratio (BOR) berada pada kisaran 21.90%–22.60
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2508130063
Keyword
Pelabuhan Kinerja Operasional Pelabuhan Pelayanan Fasilitas