(0721) 8030188    [email protected]   

PERBANDINGAN ANALISIS KINERJA STRUKTUR GEDUNG BETON BERTULANG DENGAN METODE ANALISIS PUSHOVER BERDASARKAN ATC 40, FEMA 440, DAN ASCE 41-13 (STUDI KASUS: PROYEK GEDUNG BAPENDA DAN DISDUKCAPIL KOTA TANGERANG SELATAN)


Indonesia merupakan wilayah dengan tingkat kerawanan Spectrum Yang tinggi, sehingga evaluasi kinerja struktur bangunan menjadi aspek penting dalam perencanaan infrastruktur publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja struktur Gedung Badan Pendapatan Daerah dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Selatan menggunakan metode Nonlinear Static Procedure (Pushover Analysis). Evaluasi dilakukan dengan pendekatan berbasis kinerja mengacu pada tiga pedoman utama, yaitu ATC-40, FEMA 440, dan ASCE 41-13. Struktur dimodelkan sebagai gedung beton bertulang 8 Tingkat dan dianalisis menggunakan perangkat lunak ETABS. Beban gempa ditentukan berdasarkan SNI 1726:2019 dan SNI 1727:2020. Hasil analisis simpangan antar Tingkat menunjukkan nilai maksimum inelastic drift dengan nilai 26,208 mm pada sumbu-X dan 11,979 mm pada sumbu-Y, masih lebih kecil dari batas drift limit 61,538 mm, sehingga struktur dinyatakan aman terhadap deformasi lateral. Kurva kapasitas menggambarkan respons nonlinier yang stabil, dengan titik kinerja terjadi pada simpangan 155,993 mm (sumbu-X) dan 151,772 mm (sumbu-Y). Evaluasi menggunakan metode ATC-40 menunjukkan bahwa struktur berada pada level Immediate Occupancy (IO), sedangkan metode FEMA 440 menunjukkan titik kinerja berada antara level Immediate Occupancy dan Life Safety (LS). Sementara itu, analisis berdasarkan ASCE 41-13 memperkuat hasil tersebut dengan distribusi sendi plastis yang terkendali. Secara keseluruhan, struktur dinyatakan stabil, memenuhi kriteria kinerja seismik, dan dapat digunakan kembali pascagempa tanpa memerlukan perbaikan struktural signifikan.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2509070013

Keyword
Pushover Analysis ATC-40 FEMA 440 ASCE 41-13 Kinerja Struktur Interstory Drift Kurva Kapasitas