Studi Parametrik Variasi Kelas Situs Tanah Dan Demand Capacity Ratio Penampang PCI Girder Pada Jembatan Flyover
Pada penelitian ini, dibahas pengaruh variasi kelas situs tanah dan dimensi penampang PCI girder terhadap performa struktur jembatan flyover, khususnya pada loss of prestress, kapasitas struktur dan defleksi. Variasi dari parameter yang ditinjau adalah tiga tipe penampang PCI girder yang digunakan, yaitu PCI H-170, PCI H-185, dan PCI H-210. Selain penampang girder, ditinjau juga empat kelas situs tanah (SA, SB, SC, SD) yang menggambarkan kondisi tanah dari keras hingga sedang sampai lunak. Analisis struktur dilakukan menggunakan software MIDAS Civil V19 dengan acuan standar RSNI T-12-2004 dan AASHTO LRFD 2007. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan semakin besar dimensi penampang girder, maka kehilangan gaya prategang meningkat, dengan nilai defleksi yang
terjadi menurun. Untuk nilai kapasitas yang terjadi, mengalami kenaikan secara signifikan untuk setiap iterasi perubahan profil girder, mengecilkan nilai DCR. Untuk beban dinamis yang terjadi, tidak berpengaruh kepada kinerja struktur, dikarenakan parameter yang dibutuhkan sama sekali tidak mencakup nilai beban dinamis karena kombinasi beban yang tidak mencakupi beban tersebut, seperti strength I, merupakan salah satu nilai yang dipakai karena nilai tersebut ultimate. sehingga pada pada PCI girder dalam kasus ini, beban dinamis tidak berpengaruh besar pada kinerja strukturnya.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2509180002
Keyword
PCI Girder DCR Kelas Situs Loss of Prestress Defleksi Jembatan MIDAS Civil