Perencanaan Geometrik Jalan Rel Tegineneng - Metro
Penelitian ini mengkaji perencanaan geometrik jalan rel pada trase Tegineneng Metro sebagai bagian dari pengembangan jaringan perkeretaapian nasional berdasarkan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) 2015–2030. Perencanaan dilakukan untuk memastikan kesesuaian dengan standar geometrik Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), mengoptimalkan kecepatan operasional, dan meminimalkan biaya konstruksi serta pemeliharaan. Metodologi penelitian meliputi survei topografi, analisis trase awal berbasis peta kontur, perhitungan elemen geometrik (radius minimum, gradien maksimum, superelevasi) dengan mengacu pada PM No. 60 Tahun 2012, serta simulasi lintasan menggunakan perangkat lunak AutoCAD Civil 3D dan Microsoft Excel untuk evaluasi teknis. Hasil analisis menunjukkan bahwa desain trase memiliki panjang total 18,35 km dengan radius minimum 550 m, gradien maksimum 9,5‰. Kecepatan desain adalah 100 km/jam dan diproyeksikan mampu menghubungkan dua kota di Provinsi Lampung yaitu Bandar Lampung dan Metro.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2509180004
Keyword
Perencanaan geometrik jalan rel Tegineneng–Metro RIPNAS jaringan kereta api