(0721) 8030188    [email protected]   

Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di UMKM Suseno, Bandar Lampung


Persaingan usaha pada sektor UMKM, terutama keripik pisang di Bandar Lampung menuntut pelaku usaha memahami faktor yang dapat memberikan pengaruh keputusan pembelian konsumen. UMKM Suseno merupakan produsen keripik pisang yang telah berdiri sejak tahun 1972 di Bandar Lampung. UMKM Suseno menghadapi tantangan dalam mempertahankan daya saing di tengah berbagai pelaku usaha yang serupa. Intensitas persaingan pasar yang semakin kompetitif ini menuntut pemahaman faktor-faktor yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk serta citra merek pada keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah asosiatif melalui pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah konsumen UMKM Suseno sejumlah 96 responden yang didapat berdasarkan hasil perhitungan Lemeshow. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yakni analisis regresi linier berganda melalui bantuan software SPSS Version 27. Hasil uji t hitung yang didapatkan dari variabel kualitas produk yaitu 5,601 dan variabel citra merek yaitu 8,717 yang lebih besar dari t tabel 1,981 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji F hitung yang didapatkan yaitu 217,099 yang lebih besar dari F tabel 3,08 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Merujuk pada hasil uji t dan uji F mengindikasikan bahwa variabel kualitas produk dan variabel citra merek memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan.

URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2509200038

Keyword
Analisis regresi linier berganda Citra merek Kualitas produk Keputusan pembelian Keripik pisang