Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) Dengan Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) Sebagai Penyeimbang Data Pada Analisis Sentimen Ulasan Game First-Person Shooter
Penelitian ini berfokus pada klasifikasi sentimen
ulasan pengguna terhadap game bergenre First-Person Shooter (FPS)
dengan memanfaatkan kombinasi teknik pemrosesan bahasa alami dan
pembelajaran mesin. Dataset yang digunakan berupa ulasan teks berlabel
positif dan negatif. Data teks diproses dan diubah menjadi bentuk
numerik menggunakan metode Term Frequency–Inverse Document
Frequency (TF-IDF) untuk merepresentasikan tingkat kepentingan kata
dalam dokumen. Untuk mengatasi ketidakseimbangan kelas, digunakan
metode Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) yang
menghasilkan data sintetis pada kelas minoritas. Algoritma K-Nearest
Neighbor (K-NN) digunakan sebagai model klasifikasi, dengan pencarian
parameter terbaik dilakukan menggunakan Grid Search dan validasi
silang 5-Fold. Evaluasi model dilakukan menggunakan metrik akurasi,
presisi, sensitivitas, dan F1-score. Hasil eksperimen menunjukkan
bahwa integrasi antara TF-IDF, SMOTE, dan K-NN menghasilkan
sistem klasifikasi yang baik untuk analisis sentimen pada ulasan game
FPS, dengan kelas positif memiliki presisi sebesar 88.08%, sensitivitas
89.27%, F1-score 88.60%, dan akurasi 89.42%.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2511160003
Keyword
Analisis Sentimen TF-IDF K-Nearest Neighbor Game FPS