Formulasi dan Uji Aktivitas Antioksidan Sirup dari Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera elatior) Menggunakan Metode DPPH (1,1-Diphenyl-2- Picrylhydrazil)Aditya Nurhamidah / apt.Untia Kartika Sari R S.Farm.,M.Farm. / Student Dissertations and Theses, 2024Masyarakat Indonesia kurang memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi, sehingga memicu penyakit kanker. Kanker dapat dicegah oleh tanaman bunga kecombrang yang mengandung diarylheptanoids. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisik, stabilitas fisik, dan ak... |
ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA METODE REDUKSI VARIABEL DAN METODE BRANCH AND BOUND PADA PENYELESAIAN PERMASALAHAN INTEGER LINEAR PROGRAMMINGLidya Maria Octafia / Dr. Sri Efrinita Irwan S.Si., M.Si. / Matematika, 2023Setiap pelaku usaha memiliki suatu prinsip ekonomi dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan yang banyak dengan modal yang sedikit, hal ini membuat munculnya masalah optimasi pada permasalahan tersebut. Ada berbagai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut salah satunya yaitu dengan memben... |
Strategi Branding Panti Sosial Bina Remaja Radin Intan dengan Metode AIDA untuk Meningkatkan Brand Image di Bandar LampungMelaninur Oktadianti / Namuri Migotuwio,S.Ds.,M.Ds. / Student Dissertations, 2024Panti sosial Bina Remaja Radin Intan ( PSBR ) yang mewadahi beberapa anak terlantar dan kurang mampu yang tujuannya nanti agar suatu saat nanti terwujudnya kemandirian dan menyelesaikan masalah sosial, dapat mengembangkan potensi diri, terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bimbingan ... |
Perancangan branding galeri tapis negeri katon sebagai pusat kerajinan tapis lampungJULIAN ANGGA CHARNOSA / Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations, 2023Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki nilai budaya yang menjadi ciri khas daerah masing-masing daerah. Hal ini salah satunya terdapat pada seni kerajinan tenunnya. Untuk itu sangat wajar apabila Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki seni tenun tradisional terbesar. Sebagaimana daera... |
Perancangan Strategi Brand Awareness Desa Wisata Pulau Pahawang Sebagai Wisata Bahari Berbasiskan Desa WisataMuhammad Alif Rafi uddin / Maria Veronika Br Halawa, S.Pd., M.Sn. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh Desa Wisata Pulau Pahawang, dengan merancang strategi branding dalam membangun brand identity dan meningkatkan brand awareness. Dikarenakan Desa Wisata Pulau Pahawang tidak hanya memiliki potensi bahari saja, namun memiliki po... |
Efektivitas Pemanfaatan Instagram @Lampuung Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Masyarakat Bandar LampungWakhid Alfiyan / Maria Veronika BR Halawa, S.Pd., M.Sn / Undergraduate Thesis, 2024Akun Instagram @lampuung merupakan salah satu akun informatif yang banyak diakses oleh banyak pengguna media sosial Instagram khususnya oleh masyarakat Bandar Lampung. Akun Instagram @lampuung, dengan fokusnya pada konten dan informasi yang relevan dengan Bandar Lampung dan sekitarnya, menawar... |
Prarancangan Pabrik Kalium Hidroksida dari Kalium Klorida dengan Proses Elektrolisis Kapasitas 65.000 Ton/TahunAyunda Nuranisa / Dennis Farina Nury, S.T., M.T. / Teknik Kimia, 2024Pabrik kalium hidroksida direncanakan akan berdiri pada tahun 2027 di Panggung Lor, Semarang, Jawa Tengah. Kalium hidroksida umumnya digunakan dalam industri tekstil, kosmetik, baterai alkaline, sabun, dan pupuk. Bahan baku yang dibutuhkan adalah kalium klorida dengan air yang akan membentuk produk ... |
Penerapan Metode Branch and Cut pada Permasalahan Optimasi Produksi Roti (Studi Kasus : Home Industry Fauzan)Eli Rahmawati / Achmad Suryadi Nasution, S.Si., M.Sc. / Matematika, 2024Persoalan optimasi yang mengharuskan solusi berbentuk integer dapat diselesaikan menggunakan Integer Linear Programming yang merupakan pengembangan dari Linear Programming. Metode Branch and Bound dan Cutting Plane merupakan metode yang biasa digunakan untuk menyelesaikan persoalan Integer Linear Pr... |
Perancangan Branding Media Informasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Pringsewu Mengenai Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren di Kabupaten PringsewuAfrijal Romi `azi / Putri Kholida, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi branding media informasi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap lembaga pendidikan pondok pesantren di Kabupaten Pringsewu. Pendekatan perancangan menggunakan metode Double Diamond untuk menghasilkan solusi yang komp... |
IMPLEMENTASI SISTEM DESALINASI PADA PORTABLE SEAWATER DESALINATIONALDO SERUNTING PASMA / Dr. Suratun Nafisah S.Si., M.Sc / Teknik Elektro, 2024Krisis air bersih menjadi perhatian utama di berbagai wilayah, khususnya di daerah yang memiliki akses terbatas terhadap air tawar. Dalam upaya mengatasi masalah ini, penggunaan teknologi desalinasi air laut menjadi solusi yang menjanjikan. Desalinasi, atau proses menghilangkan kadar garam dari air ... |
Analisis Efektivitas Pelican Crossing Sebagai Media Penyeberangan di Kota Bandar LampungAndrean Fauba / Galih Rio Prayogi, S.T., M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024ABSTRAK ANALISIS EFEKTIVITAS PELICAN CROSSING SEBAGAI MEDIA PENYEBERANGAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Andrean Fauba NIM. 118210193 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Berdasarkan pengamatan langsung dilokasi pelican crossing yang berada di Jal... |
Perancangan Strategi Branding Untuk Mengenalkan Sulam Usus Khas Lampung Melalui Media Buku Sebagai Upaya Melestarikan Budaya Lokal di Kabupaten Tulang BawangDwija Puspa Rini / Putri Kholida S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan kembali kerajinan sulam usus khas Lampung, khususnya di kalangan remaja di Tulang Bawang, melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual. Masalah yang dihadapi adalah menurunnya eksistensi kebudayaan khas Lampung seperti sulam usus akibat meningkatnya jumlah ... |
Perancangan Strategi Branding Untuk Mengenalkan Sulam Usus Khas Lampung Melalui Media Buku Sebagai Upaya Melestarikan Budaya Lokal di Kabupaten Tulang BawangDwija Puspa Rini / Putri Kholida S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Penelitian ini bertujuan untuk melestarikan kembali kerajinan sulam usus khas Lampung, khususnya di kalangan remaja di Tulang Bawang, melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual. Masalah yang dihadapi adalah menurunnya eksistensi kebudayaan khas Lampung seperti sulam usus akibat meningkatnya jumlah ... |
PERANCANGAN VISUAL BRANDING TERMINAL RAJABASA SEBAGAI KAWASAN YANG AMANDanang Arif Pranoto / PG Wisnu Wijaya, S.Sn., M.Sn. / Student Dissertations and Theses, 2024Terminal Raja Basa Lampung merupakan titik penting sebagai akses utama bagi warga Bandar Lampung untuk melakukan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, citra terminal ini telah tercoreng oleh insiden-insiden negatif seperti pencurian, pungli, dan kekerasan... |
Perancangan Visual Branding Untuk Meningkatkan Brand Awareness Ikan Asap Sebagai Oleh-Oleh Lampung Di Kabupaten Tulang BawangAnnisa Dwi Mutiara / Putri Kholida, S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Perancangan visual branding ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness ikan asap sebagai oleh-oleh Lampung di Kabupaten Tulang Bawang. Melalui perancangan ini, ikan asap diperkenalkan kepada konsumen lokal maupun luar Lampung dengan startegi branding yang mendalam dan fokus utama pada pembangu... |
Perancangan Identitas Visual Kampung Tapis di Pekon Lugusari Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek) Masyarakat di Kabupaten PringsewuMELLYANA SARI / Putri Kholida S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Perancangan Identitas Visual Kampung Tapis di Pekon Lugusari sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek) Masyarakat di Kabupaten Pringsewu bertujuan untuk memperkenalkan desa wisata kampung tapis kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pringsewu, khususnya bagi para pelajar. U... |
Perancangan Identitas Visual Kampung Tapis di Pekon Lugusari Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek) Masyarakat di Kabupaten PringsewuMELLYANA SARI / Putri Kholida S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Perancangan Identitas Visual Kampung Tapis di Pekon Lugusari sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek) Masyarakat di Kabupaten Pringsewu bertujuan untuk memperkenalkan desa wisata kampung tapis kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pringsewu, khususnya bagi para pelajar. U... |
Perancangan Identitas Visual Kampung Tapis di Pekon Lugusari Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek) Masyarakat di Kabupaten PringsewuMELLYANA SARI / Putri Kholida S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Perancangan Identitas Visual Kampung Tapis di Pekon Lugusari sebagai Upaya untuk Meningkatkan Brand Awareness (Kesadaran Merek) Masyarakat di Kabupaten Pringsewu bertujuan untuk memperkenalkan desa wisata kampung tapis kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pringsewu, khususnya bagi para pelajar. U... |
ANALISIS JENIS FASILITAS PENYEBRANGAN ORANG DI RUAS JALAN TERUSAN RYACUDUYOHANES / Galih Rio Prayogi S.T., M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Meningkatnya Volume kendaraan dan kecepatan kendaraan tinggi berpotensi mengakibatkan konflik antara pejalan kaki yang ingin menyebrang jalan dengan kendaraan sehingga terjadinya kecelakaan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan fasilitas penyebrangan untuk memisahkan ruang tersendiri ol... |
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE DI PT PEGADAIAN CP KEDATON : PERAN MEDIASI CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER TRUSTNabila Syifa Azzahra / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2024Persaingan ketat di industri jasa mendorong perusahaan untuk terus berinovasi. PT Pegadaian CP Kedaton mengalami penurunan jumlah nasabah dan ketidaksesuaian harapan nasabah. Adanya jenis pendekatan CARTER yang memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan member... |
Pengaruh E-WOM Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Mie Gacoan di Kota Bandar Lampung : Studi Kasus Cabang Way HalimMuhammad Zayni Muttaqin / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M,Si., Ph.D / Teknik Industri, 2024Perkembangan teknologi informasi membantu pelaku usaha untuk memasarkan produk secara luas dengan menjangkau konsumen diberbagai tempat yang jauh serta memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Electronic Word of Mouth dan Brand Image dapat membe... |
PENERAPAN INTEGER LINEAR PROGRAMMING PADA PEMILIHAN MENU MAKANAN SEIMBANG BERDASARKAN KALORI, KARBOHIDRAT, PROTEIN, DAN LEMAKIbrani S. Meliala / Achmad Suryadi Nasution, S.Si, M.Sc / Matematika, 2025Makanan cepat saji telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern, namun konsumsi yang berlebihan dapat memicu masalah kesehatan, seperti obesitas. Salah satu cara mengatasinya dengan menjaga pola makanan yang seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemilihan menu makana... |
Perancangan Reaktivasi Visualisasi Branding Pasar Kreatif Payungi Kota Metro LampungILHAM LOVIAN NUFUS / Anjar Nur Cholifah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Pasar Payungi merupakan pasar kreatif berbasis komunitas yang berlokasi di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Pasar ini memiliki potensi sebagai pusat ekonomi kreatif, tetapi identitas visual dari pasar ini belum konsisten dan kurang dikenal oleh pengunjung. Minimnya elemen bran... |
Perancangan Reaktivasi Visualisasi Branding Pasar Kreatif Payungi Kota Metro LampungILHAM LOVIAN NUFUS / Anjar Nur Cholifah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Pasar Payungi merupakan pasar kreatif berbasis komunitas yang berlokasi di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Pasar ini memiliki potensi sebagai pusat ekonomi kreatif, tetapi identitas visual dari pasar ini belum konsisten dan kurang dikenal oleh pengunjung. Minimnya elemen bran... |
Perancangan Strategi Branding Gitar Gambus Lampung Barat Sebagai Upaya Memperkenalkan Alat Musik Tradisional LampungREKI PATRIA YUDA / Arif Budiman, S.Sn., M.Sn. / Desain Komunikasi Visual, 2025Perancangan ini bertujuan untuk merumuskan strategi branding guna memperkenalkan gitar gambus Lampung Barat sebagai alat musik tradisional khas kepada generasi muda. Kurangnya pengetahuan dari kalangan muda menyebabkan eksistensi gitar gambus semakin terancam. Oleh sebab itu, dibutuhkan media yang e... |
SINTESIS MEMBRAN NANOFIBER WATERPROOF DAN BREATHABLE MENGGUNAKAN METODE ELECTROSPINNING BERBASIS PAN/PVDFALEX TRIPUTRA LUMBAN TOBING / Dr. Aditya Rianjanu, S.Si / Teknik Material, 2025Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan membran nanofiber berbasis campuran Polyacrylonitrile (PAN) dan Polyvinylidene Fluoride (PVDF) dengan komposisi 1:4. Variasi konsentrasi larutan yang digunakan (berdasarkan total massa PAN+PVDF) sebesar 9,58%, 10,65%, 11,69%, dan 12,72% (wt%) yang memilik... |
Perancangan Buku Wisata Pada Desa Sumber Agung Untuk Meningkatkan Brand Awareness Sebagai Desa EkowisataSherina Shifa Maharani / Anjar Nur Cholifah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Desa Wisata Sumber Agung memiliki daya tarik alam yang variatif sehingga berpotensi sebagai destinasi ekowisata di Bandar Lampung. Namun, desa ini menghadapi tantangan berupa minimnya informasi, promosi kurang efektif, dan visibilitas lokasi yang rendah. Perancangan ini bertujuan untuk merancang str... |
Perancangan Buku Wisata Pada Desa Sumber Agung Untuk Meningkatkan Brand Awareness Sebagai Desa EkowisataSherina Shifa Maharani / Anjar Nur Cholifah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Desa Wisata Sumber Agung memiliki daya tarik alam yang variatif sehingga berpotensi sebagai destinasi ekowisata di Bandar Lampung. Namun, desa ini menghadapi tantangan berupa minimnya informasi, promosi kurang efektif, dan visibilitas lokasi yang rendah. Perancangan ini bertujuan untuk merancang str... |
ANALISIS KUALITAS LAYANAN DAN KEPATUHAN HOTEL SYARIAH DI BANDARLAMPUNG BERIKUT DAMPAKNYA TERHADAP WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE DAN KEPERCAYAAN PELANGGANABIYYU DZAKY ALHAKIIM / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2025Meningkatnya kesadaran dan tuntutan masyarakat Muslim akan layanan syariah telah mendorong pertumbuhan industri pariwisata halal di Indonesia, yang menunjukkan tren yang semakin positif. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana kualitas layanan dan kepatuhan terhadap prinsip syariah berd... |
Perancangan Place Branding Dusun Gita Nagari Baru Sebagai Kawasan Desa Wisata Religi Melalui Festival JanmashtamiNi Made Kunti Dewi / Anjar Nur Cholifah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Dusun Gita Nagari Baru memiliki potensi sebagai desa wisata religi dengan kekayaan budaya dan nilai spiritual yang kuat. Namun, kurangnya identitas visual dan strategi promosi menyebabkan kawasan ini belum dikenal luas. Penelitian ini bertujuan merancang strategi place branding untuk meningkatkan ci... |
OPTIMALISASI BIAYA PEMUPUKAN KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN INTEGER LINEAR PROGRAMMING DAN ANALISIS SENSITIVITASNuria Goknida Manalu / Achmad Suryadi Nasution, S.Si, M.Sc / Matematika, 2025Pemupukan berperan penting dalam produktivitas dan efisiensi biaya budidaya kelapa sawit, terutama dalam mencukupi kebutuhan unsur hara. Namun petani sering kali tidak memperhatikan penggunaan pupuk yang optimal, sehingga menyebabkan pemborosan biaya dan efisiensi produksi yang rendah. Oleh karena i... |
Perancangan Branding Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pulau Pasaran Sebagai Sentra Pengolahan Ikan Teri Di LampungPOJA RATU PERMATA HATI / Arif Budiman, S.Sn., M.Sn. / Desain Komunikasi Visual, 2025Eksistensi Pulau Pasaran khususnya eksistensi mengenai Pulau Pasaran sebagai sentra pengolahan ikan teri kini sudah semakin kian luntur di mata masyarakat Lampung sehingga diperlukan strategi branding dalam meningkatkan kembali brand awareness daripada Pulau Pasaran dan sentra pengolahan ikan ter... |
Perancangan Branding Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pulau Pasaran Sebagai Sentra Pengolahan Ikan Teri Di LampungPOJA RATU PERMATA HATI / Arif Budiman, S.Sn., M.Sn. / Desain Komunikasi Visual, 2025Eksistensi Pulau Pasaran khususnya eksistensi mengenai Pulau Pasaran sebagai sentra pengolahan ikan teri kini sudah semakin kian luntur di mata masyarakat Lampung sehingga diperlukan strategi branding dalam meningkatkan kembali brand awareness daripada Pulau Pasaran dan sentra pengolahan ikan ter... |
PERANCANGAN STRATEGI KAMPANYE UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN KEBERSIHAN DI PANTAI GUNUNG KUNYIT BANDAR LAMPUNG SEBAGAI DESTINASI TERAPI BERENDAM AIR LAUTDEWA JALU PATI / Jejen Jaelani, S.S., M.Hum. / Desain Komunikasi Visual, 2025Pantai Gunung Kunyit di Kota Bandar Lampung memiliki potensi sebagai lokasi terapi berendam air laut, terutama bagi pengunjung pra-lansia hingga lansia. Namun, kondisi lingkungan pantai yang kurang terjaga kebersihannya menghambat kenyamanan dan mengurangi citra pantai tersebut. Penelitian ini bertu... |
Aktivitas Antimikroba Ekstrak Etanol Daun Sirih Cina (Peperomia pellucida) dari Dua Lokasi Berbeda dalam Menghambat Escherichia coli dan Staphylococcus aureusCHRISTIN NATALIA BR TARIGAN / Muhammad Asril, S.Si., M.Si. / Biologi, 2025Tanaman sirih cina (Peperomia pellucida L.) dikenal sebagai tanaman liar yang banyak ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia. Senyawa alami dalam tanaman sirih cina seperti alkaloid, tanin, saponin, minyak atsiri, kalsium oksalat juga senyawa aktif seperti terpenoid, flavonoid dan fenol yang b... |
Perancangan Branding Candi Muaro Jambi Melalui Animasi Storytelling untuk Meningkatkan Kesadaran RemajaAz Zahra Najwa Safira / Nufikha Ulfah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, -0001Candi Muaro Jambi merupakan situs bersejarah di Sumatera yang pernah menjadi pusat pendidikan tertua di Asia Tenggara. Namun, kesadaran generasi muda seperti remaja terhadap eksistensi Candi Muaro Jambi masih rendah akibat kurangnya minat pada sejarah. Minimnya minat ini dipengaruhi oleh rendahnya e... |
Perancangan Strategi Visual Dalam Upaya Meningkatkan Place Branding Pekon Mandiri Sejati Sebagai Desa Wisata Di Krui Pesisir BaratDELLA ANGGRAINI FAUZIA / Doni Alfaruqy, S.Pd., M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Perancangan ini bertujuan untuk membangun pariwisata yang berkelanjutan dan memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh kawasan Pekon Mandiri Sejati sebagai pantai relaksasi di Krui Pesisir Barat, dengan upaya merancang strategi visual dalam meningkatkan place branding dalam membangun brand iden... |
Perancangan Strategi Visual Dalam Upaya Meningkatkan Place Branding Pekon Mandiri Sejati Sebagai Desa Wisata Di Krui Pesisir BaratDELLA ANGGRAINI FAUZIA / Doni Alfaruqy, S.Pd., M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Perancangan ini bertujuan untuk membangun pariwisata yang berkelanjutan dan memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh kawasan Pekon Mandiri Sejati sebagai pantai relaksasi di Krui Pesisir Barat, dengan upaya merancang strategi visual dalam meningkatkan place branding dalam membangun brand iden... |
Perancangan Branding Wastra Lampung Melalui Katalog Moodboard WarnaAgil Fadilah / Dr. Sunarsih, S.S., M.A. / Desain Komunikasi Visual, 2025Digitalisasi di era modern telah memberikan peluang besar untuk mempromosikan identitas budaya daerah, termasuk Provinsi Lampung, yang kaya akan tradisi dan seni, terutama melalui warna-warna khas kain adatnya. Namun, rendahnya kesadaran akan pentingnya warna sebagai elemen branding visual, kurangny... |
PERANCANGAN STRATEGI BRANDING KOTA METRO MELALUI TARI JUNJUNGAN BUAY PUUN SEBAGAI IKON REPRESENTASI KOTA METROATHAALA FATHIA / Nufikha Ulfah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Tari Junjungan Buay Puun adalah tarian yang berasal dari Kota Metro. Tarian ini diproduksi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro dan dikoreografi oleh Goesthy Ayu Mariana Devi Lestari. Tari Junjungan Buay Puun merupakan tarian khas Kota Metro yang perlu dilestarikan dan juga diperkenalkan ... |
Pengembangan Membran Nanofiber PAN/PVP/Nb2O5 sebagai Filter Limbah Pewarna Metilen BiruMUHAMMAD HAFIDH SAPUTRA / Dr. Aditya Rianjanu, S.Si / Teknik Material, 2025Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan membran nanofiber berbasis campuran Polyacrylonitrile (PAN) dan Polyvinylpyrrolidone (PVP) deengan penambahan Niobium Pentoxide (Nb2O5) untuk aplikasi filter limbah pewarna metilen biru. Metode sintesis dilakukan dengan teknik electrospinning dengan varias... |
PENENTUAN RUTE TERPENDEK TRUK PENGANGKUT SAMPAH MENGGUNAKAN METODE BRANCH AND BOUNDLAILATUL FITRY PURBA DASUHA / Achmad Suryadi Nasution, S.Si, M.Sc / Matematika, 2025Pengangkutan sampah menggunakan truk pengangkut sampah merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengelolaan sampah yang memberikan kontribusi besar terhadap biaya operasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan rute terpendek truk pengangkut sampah menggunakan metode Branch... |
Pengembangan Membran Nanofiber Termodifikasi Zeolit Alam Untuk Menghilangkan Kontaminan Amonium Menggunakan Metode Filtrasi VakumRizka Afifah Sirait / Dr. Tarmizi Taher, S.Si. / Teknik Lingkungan, 2025Eutrofikasi merupakan permasalahan lingkungan global akibat akumulasi nitrogen berlebihan yang memicu ledakan alga (alga blooming), degradasi kualitas air, serta terbentuknya zona hipoksia hingga anoksia. Tekanan antropogenik dari limbah industri, aktivitas pertanian, dan intervensi hidraulik memper... |
Karakterisasi Sifat Fisiko-Kimia Bekatul dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Tambahan Pada Minuman CokelatMaiyolanda Nizusi Haloho / Eka Nur'azmi Yunira, S.T.P., M.Si / Teknologi Industri Pertanian , 2025Bekatul adalah bagian dari kulit ari padi-padian memiliki warna krem atau coklat yang telah dipisahkan dari sekam. Bekatul merupakan hasil samping dari proses penggilingan padi. Besarnya produksi beras di Indonesia mengakibatkan jumlah bekatul meningkat. Pemanfaatan Bekatul saat ini dijadikan sebaga... |
VERIFIKASI METODE MEMBRAN FILTER BAKTERI Escherichia coli PADA SAMPEL AIR MINUM di LABORATORIUM BALAI XYZR.A. AURELIA DIVA. L / Yosi Syafitri, S.Pt., M.Si. / Teknologi Pangan, 2025Air minum merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus memenuhi persyaratan mutu, termasuk parameter mikrobiologi. Salah satu indikator kontaminasi mikrobiologi adalah keberadaan bakteri Escherichia coli. Penelitian ini bertujuan memverifikasi metode membran filter untuk enumerasi E. coli pada sampe... |
FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUASAN PELANGGAN DAN BRAND IMAGE PADA USAHA KAFE: STUDI KASUS COFFEE SHOP XLarassita Firossi / Rinda Gusvita, S.T.P., M.Sc. / Teknik Industri, 2025Coffee Shop X merupakan usaha mikro di Kota Bandar Lampung yang sedang menghadapi penurunan penjualan sehingga perlu diteliti faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan dan brand image. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (product, price, place, promotion, physical... |