ANALISIS KEKERASAN MAKRO PADA REL KERETA API TANJUNG KARANG TIPE R54Akmal Afif Kenedi / Fajar Paundra S.T., M.T / Teknik Mesin, 2024Mikrostrukur sangat berpengaruh terhadap karakteristik material. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kekerasan makro pada kepala rel kereta api tipe R54 yang digunakan di tanjung karang. Pengujain yang dilakukan meliputi pengujian kekerasan dengan menggunkan metode vicker... |
PENGARUH VARIASI MEDIA PENDINGINAN PADA PERLAKUAN PANAS BAJA PADUAN Fe-Cr-Mn TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN MATERIALFAUZI IKHSAN / Ir. Eko Pujiyulianto, S.T., M.Eng. / Teknik Material, 2024Perlakuan panas memiliki peranan penting dalam pengembangan sifat material baja. Baja menampilkan karakteristik yang sangat dipengaruhi oleh struktur mikro dan sifat mekaniknya yang dapat ditingkatkan melalui proses perlakuan panas. Baja merupakan logam yang berjenis ferrous dengan klasifikasi... |
Pengaruh Variasi Media Pendingin Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan Pada Weld Overlay Cladding Baja Karbon Rendah Dengan Metode SMAWMuhammad Rama Aditya / Fajar Paundra, S.T., M.T / Teknik Mesin, 2024Baja karbon rendah sering digunakan dalam industri konstruksi dan alat berat karena sifatnya yang mudah diolah dan ekonomis, namun kekerasannya sangat rendah sehingga rentan mengalami kerusakan ketika mengalami gesekan. baja karbon rendah dapat di perbaiki nilai kekerasannya dengan cara melakukan We... |
PENGARUH VARIASI TEMPERATUR ELEKTROLIT TERHADAP KETEBALAN, KEKERASAN, DAN STRUKTUR MIKRO LAPISAN PADA PROSES ANODISASIYorando Abdul Aziz / Ir.Eko Pujiyulianto S.T .,M.Eng / Teknik Mesin, 2024Logam aluminium memiliki keunggulan mulai dari massa yang ringan, penghantar listrik yang baik dan tahan korosi. Adapun kekurangan aluminium yaitu, ketahanan abrasi kurang, tingkat kekerasan yang rendah dan mudah terdeformasi. Proses anodisasi adalah Salah satu cara pelapisan pada logam yang ... |
Pengaruh Variasi Waktu Terhadap Karakteristik Lapisan Pada Proses Elektroplating Nikel Menggunakan Plat Aluminium Seri 1100M ARIF ALWANI / Ir. Eko Pujiyulianto, S.T., M.Eng. / Teknik Mesin, 2024Aluminium merupakan salah satu logam yang banyak digunakan baik dalam industri otomitif, penelitian kali ini penulis menggunakan aluminium seri 1100 dimana aluminium seri ini banyak digunakan karena memiliki sifat ketahanan korosi yang cukup baik dan berat yang cukup ringan. Selain memiliki keunggul... |
ANALISA PENGARUH MEDIA PENDINGIN PADA PROSES PERLAKUAN PANAS TERHADAP KARAKTERISTIK FASA STRUKTUR MIKRO DAN NILAI KEKERASAN BAJA EUTEKTOIDMuhammad Lasin / Eko Puji yulianto / Teknik Mesin, 2024Perlakuan panas adalah proses pemberian panas pada material logam dan didinginkan dengan media pendingin tertentu dengan tujuan untuk memperoleh sifat-sifat mekanik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variasi media pendingin pada proses ... |
Analisis Uji Kekerasan dan Uji Struktur Mikro Rel Kereta Api Tipe Rel R-54 Dengan Variasi Media Pendingin Heat TreatmentADINDA KANAYA TABITHA / Ir. Amelia Oktavia, S.T.,M.T.,IPM.,CST.,CSP / Student Dissertations and Theses, 2024Baja rel R.54 merupakan baja yang termasuk kedalam baja karbon tinggi. Baja rel R.54 memiliki unsur karbon 0,60-0,80 % memungkinkan dapat dilakukan proses pengerasan dengan perlakuan panas (Heat Treatment) yang sesuai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium. Penelitian ber... |
PENGARUH VARIASI MEDIA PENDINGIN PADA PROSES ANNEALING-QUENCHING TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN SIFAT MEKANIK MATA PISAU BX218ANTONIO CARLO DAPOT TUA S / Ir. Eko Pujiyulianto S.T., M.Eng. / Teknik Mesin, 2024Perlakuan panas merupakan suatu proses pemanasan dan pendinginan yang terkontrol, dengan tujuan mengubah sifat fisik dan sifat mekanis dari suatu logam sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kekerasan mata pisau dengan melakukan perlakuan panas mata pisau de... |
ANALISIS KEGAGALAN REL KERETA API BABARANJANG PADA TITIK SAMBUNGAN LAS TERMIT (Studi Kasus Lintas Tarahan Km 06+143 – Tanjung Karang Km 16+230)OKY FERNANDO / Ir. Amelia Oktavia, S.T., M.T. IPM. / Teknik Perkeretaapian, 2024Rel kereta api memiliki peran yang sangat penting dalam moda transportasi kereta api, dan gangguan yang terjadi pada rel dapat mengakibatkan masalah serius dalam sistem operasi, pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerusakan atau kegagalan pada titik sambungan las termit rel kereta... |
Pengaruh Kuat Arus Pada Proses Cladding Terhadap Struktur Mikro Dan Kekerasan Baja Karbon RendahDZIKRINA SALSABILA YASMIN / Fajar Paundra, S.T., M.T. / Teknik Mesin, 2025Besar arus listrik merupakan parameter fundamental yang secara langsung memengaruhi karakteristik penetrasi dan geometri jalur las. Penelitian ini menganalisis pengaruh variasi kuat arus terhadap struktur mikro dan kekerasan pada proses cladding baja karbon rendah menggunakan metode shielded meta... |
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGADUAN KEKERASAN SEKSUAL BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE (Studi Kasus : Satgas PPKS ITERA)Yovan Mayliano Gultom / Muhammad Habib Algifari, S.Kom., M.T.I. / Teknik Informatika, 2025Kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia menjadi isu yang semakin mendesak, dengan banyak kasus yang tidak terlaporkan dan tersembunyi. Di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), proses pengaduan kekerasan seksual masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan keterbatasan akses u... |
ANALISIS KEAUSAN BRAKE PAD SARANA LRT JAKARTA SERTA PERBANDINGAN KEKERASAN DAN KOEFISIEN GESEK PADA BRAKE PAD.Muhammad Noor Adnarramadhan / Meutia Nadia Karunia, S.T., M.T. / Teknik Perkeretaapian, 2025Sistem pengereman merupakan komponen krusial dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan operasi kereta api, termasuk pada LRT Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keausan brake pad berbahan Metal Matrix Composite (MMC) yang digunakan pada sarana LRT Jakarta, serta membandingka... |