Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengguna Ojek Online Maxim Menggunakan Expectation Confirmation Model (ECM)
Tingginya jumlah pengguna ojek online di Indonesia telah menciptakan tingginya persaingan antara perusahaan penyedia layanan, termasuk Gojek, Grab, dan Maxim. Meskipun Maxim menawarkan tarif yang lebih ekonomis dan beragam layanan, namun persentase pengguna masih lebih rendah dibandingkan kompetitornya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen pengguna layanan Maxim melalui pendekatan Expectation Confirmation Model (ECM). Model ini mencakup variabel confirmation experience, perceived usefulness, perceived ease of use, satisfaction, dan continuance intention. Penelitian ini menambahkan variabel perceived ease of use untuk mengetahui tingkat kemudahan konsumen dalam menggunakan Maxim. Mixed method digunakan sebagai pendekatan pada penelitian ini dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 100 responden di Lampung Selatan yang telah menggunakan Maxim lebih dari tiga kali. Data tersebut dianalisis melalui pendekatan SEM-PLS melalui aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa confirmation experience berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness serta satisfaction. Selain itu, perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh positif serta signifikan terhadap satisfaction namun tidak signifikan terhadap continuance intention. Variabel satisfaction berperan sebagai mediasi dalam pengaruh antara perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap continuance intention. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan model perilaku konsumen, serta kontribusi praktis berupa rekomendasi strategis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna Maxim.
URI
https://repository.itera.ac.id/depan/submission/SB2506100006
Keyword
Perilaku Konsumen Ojek Online Maxim ECM SEM-PLS